Langsung ke konten utama

Penyebab Oli Motor Matic Bocor/Rembes dan Cepat Habis 2019

Penyebab Oli Motor Bocor/Rembes - Service sepeda motor wajib di lakukan secara berkala setiap 2 atau 3 bulan sekali agar mesin motor selalu prima di segala kondisi jalanan. Dalam merawat sepeda motor kesayangan pasti masbre/mbabre semua membawa kendaraan nya ke dealer langganan untuk dilakukan servis berkala, tapi jika bisa melakukan perawatan atau perbaikan secara sendiri kenapa tidak? mungkin dalam melakukan pergantian part motor membutuhkan waktu lama yang membuat masbre/mbabre jadi agak males untuk melakukannya sendiri dan tidak mau repot juga. Memang dalam hal bongkar pasang sparepart motor juga membutuhkan kesabaran dan juga ketelitian, agar terpasang dengan baik dan tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Sebagai sang empunya motor yang baik selalu merawat kendaraan kesayangannya supaya sehat selalu dan juga wajib mengenali ciri - ciri kerusakan pada kendaraan masbre/mbabre agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Contohnya pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa penyebab oli motor matic cepat habis yang sering terjadi akibat sang empunya kurang begitu memahami permotoran dan juga kurang dilakukannya servis berkala sehingga mesin jadi jebol. Perlu diketahui masbre/mbabre motor dengan transmisi otomatis ini memiliki 2 penampung oli yang mana harus diperhatikan tingkat ketinggian dan kualitas pelumas nya agar mesin bekerja secara optimal dan tidak terjadi overheat akibat kurangnya oli dalam ruang mesin. Untuk 2 penampung ini berada pada bagian depan dan belakang, untuk bagian depan menampung oli mesin yang bertugas untuk melumasi komponen-komponen pada bagian head cylinder, block cylinder, kiri dan kanan mesin. dan bagian belakang menampung oli gardan/transmisi yang bertugas melumasi bagian gear yang menghubungkan gigi output dari rumah kopling ke gigi yang terhubung ke roda belakang.

DAFTAR ISI :



Dan perlu masbre/mbabre ketahui, oli motor merupakan cairan kental yang penting keberadaan nya dalam melumasi bagian-bagian mesin pada motor dan apabila tingkat ketinggian oli berkurang terlalu banyak maka akan mengakibatkan mesin jadi overheat karena tidak adanya pelumasan didalam mesin motor. Dan pergantian oli motor matic pun memiliki waktu ideal yang mana sudah dijelaskan dalam buku service, mulai dari service berkala dan pada interval berapa oli harus diganti. Sebelum ke topik pembahasan penyebab oli motor matic bocor/rembes dan cepat habis, masbre/mbabre kenali dulu fungsi oli mesin:

Fungsi Oli Mesin Secara Umum

1. Sebagai Pelumas

2. Sebagai Penyerap Panas

3. Sebagai Pencegah Karat

4. Sebagai Perapat

5. Sebagai Pembersih

Berapa KM Ganti Oli Motor Matic
Seperti yang masbre/mbabre sudah ketahui kalau oli motor matic memiliki 2 penampung pada bagian depan dan juga belakang, dan pelumas pada bagian tersebut memiliki perannya masing-masing dalam melindungi bagian komponen yang ada. Pada kedua pelumas ini memiliki waktu pergantian berbeda yang bisa diukur dari penggunaan kendaraan dan jarak yang ditempuh. Untuk oli gardan/transmisi memiliki interval waktu yang lebih lama dari pada oli mesin, karena pada bagian mesin motor memiliki kinerja yang lebih berat dan untuk pergantian oli yang disesuaikan dengan jarak tempuh kendaraan pada 2.000 sampai 3.000 kilometer. Sedangkan pada oli gardan/transmisi untuk pergantian waktunya setelah ganti oli mesin yang kedua.

Penyebab Oli Bocor/Rembes dan Cepat Habis

Kembali lagi ke topik pembahasan utama apa penyebab oli motor matic bocor/rembes dan cepat habis yang membuat tarik mesin motor jadi berat. Banyak indikasi kebocoran yang membuat oli jadi cepat habis, contohnya pada motor matic yang memiliki 2 penampungan pada bagian oli mesin dan juga garden masing-masing memiliki beberapa seal dan packing. Apabila terjadi kebocoran pada seal dan packing maka oli akan cepat terkuras abis jika tidak diperhatikan dengan baik.

Penyebab Oli Gardan Rembes

Seal CVT Bocor

Pada Penyebab oli bocor/rembes  yang pertama disebabkan seal CVT bocor ini berada diarea CVT motor matic beat karbu atau lebih tepatnya pada bagian as pulley belakang yang terhubung dengan gear box roda belakang. terlihat jelas pada gambar diatas terjadi kebocoran pada bagian seal as yang membuat ruangan pada CVT terdapat banyaknya kotoran dan juga oli yang bocor, apabila terus dibiarkan maka akan berakibat pulley pun ikut rusak dan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Dan dibalik seal as terbut merupakan tempat bersemayam nya oli garden dan komponen - komponen gearbox. Pada bagian as pulley depan juga terdapat seal as dan komponen pendukung lainnya, apabila terjadi kebocoran pada seal as maka yang terjadi oli mesin akan keluar.

As Pulley Aus

Pada kasus oli bocor/rembes kali pada bagian As pulley yang aus atau sudah habis masa pakai nya, terlihat pada bagian dalam sipity terdapat batang besi yang panjang itu merupakan as pulley. Apabila terjadi keausan akibat sudah habis masa pakai nya maka mengakibatkan oli gardan bisa bocor melewati sela-sela as pulley yang mengalami keausan. kemungkinan juga as pulley bisa aus akibat seal as, packing rumah gir box dan baut oli bocor membuat oli gardan terkuras abis sehingga tidak adanya pelumasan pada bagian as pulley yang berada didalam cover gearbox dan terjadi keausan.

Baut Tap Oli Gardan Slek

Pemasangan baut yang tidak center pada rumah baut merupakan penyebab oli bocor/rembes, seharusnya baut tertutup rapat dan kencang saat diputar. karena baut atau rumah baut slek mengakibatkan oli mudah keluar dari celah-celah baut dan apabila terus dibiarkan lama kelamaan oli gardan pun habis.Dan ada lagi satu penyebab oli gardan rembes yaitu seal O ring pada tutup gardan, apabila seal sudah getas /rusak bisa menyebabkan oli rembes.

Packing Oli Gearbox Rusak

Oli bocor/rembes juga terjadi pada bagian cover gearbox yang sudah rusak, karena pada cover gearbox terdapat packing pembatas agar oli tidak mudah bocor/rembes melalui celah cover atau crankcase. Biasanya kondisi packing sudah habis masa pakai nya namun masih tetap digunakan, ini mengakibatkan oli jadi bocor?rembes.

Penyebab Oli Mesin Rembes Pada Motor Matic

Oli Bocor Dari Filter Oli

Untuk penyebab yang pertama kali ini berasal dari tutup filter oli yang bocor, biasanya ini terjadi pada pemasangan tutup filter yang kurang center. Jika tutup filter kurang pas akibatnya terbentuknya celah kebocoran/rembes dan akhirnya oli mesin pun lama kelamaan akan berkurang yang mengakibatkan mesin overheat dan menjadi rusak.

Baut Tap Oli Mesin Dol/Slek

Pada kasus penyebab oli bocor/rembes ini sama seperti tutup filter yang pemasangan nya kurang center, memutar baut terlalu kencang dan bisa karena memang sudah waktunya mengganti baut. Karena baut oli sering dibuka dan tutup saat pergantian pelumas motor, dan apabila baut sudah tidak bagus sebaiknya harus diganti dengan yang baru agar tidak ada indikasi kebocoran pada oli mesin. Tidak hanya tapi juga seal tutup oli mesin bisa menyebabkan oli rembes apabila seal sudah getas atau rusak, sebaiknya cepat diganti agar oli tidak mudah rembes/bocor.

Oli Rembes Dari Blok Mesin Motor

Pada bagian blok mesin juga sering terjadi oli bocor/rembes yang disebabkan pada packing blok head dan blok piston mengalami kerusakan atau saat bongkar mesin packing Tidak diganti dengan yang baru. Dan juga akibat penggunaan paking yang kualitasnya kurang bagus hanya bertahan beberapa bulan packing pun bocor/rembes kembali.

Packing Mesin Rusak

Pada kasus kali ini sering terjadi pada motor tua atau motor jaman kebenen yang mesin nya tidak begitu terawat dan menyebabkan packing crankcase pada mesin mengalami kerusakan dan oli pun rembes/bocor dari celah-celah crankcase. Tapi tidak menutup kemungkinan motor keluaran tahun muda pun bisa mengalaminya akibat motor tidak terawat dan dibiarkan rusak.

Seal Cover Head Rusak

Pada bagian seal memang butuh perhatian lebih, karena bahan yang digunakan adalah karet apabila seal sudah getas atau sudah rusak bisa menyebabkan rembes/bocor. Pada kasus kali pada bagian seal cover head yang mana terdapat oli mesin yang melumasi bagian komponen seperti klep dan juga noken as, agar oli tidak rembes/bocor melalui cover maka diberikan seal yang terbuat dari karet.

Seal Baut Cover Head Rusak

Dan penyebab oli rembes/bocor yang terakhir pada bagian seal baut cover head motor matic, yang mana pada baut cover ini terdapat seal yang menjaga agar oli mesin tidak rembes/bocor. Biasanya sering terjadi kebocoran akibat seal baut yang sudah getas atau sudah rusak, alangkah baiknya apabila sudah terdapat kebocoran/rembes sebaiknya langsung diganti saja.

Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin

Untuk mengatasi oli rembes/bocor sebenarnya bisa dilakukan sendiri, namun tergantung dari tingkat kerusakan pada sparepart dan kesulitannya. Contohnya pada seal karet pada bagian cover head, baut cover head, baut dol/slek, O ring tutup oli mesin dan O ring tutup oli garden yang mudah diganti tanpa harus membongkar mesin atau bagian CVT motor. Namun pada bagian seperti packing mesin, as pulley dan seal as membutuhkan tools yang lengkap untuk membongkar bagian dalam mesin dan pengerjaan nya pun memakan waktu yang tidak sebentar. Jika masbre/mbabre mempunyai tools lengkap dan pengetahuan dalam membongkar bagian mesin bisa dilakukan sendiri, jika tidak mau repot-repot dan kurang pengetahuan permesinan alangkah baiknya dibawa ke bengkel terdekat.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes

Untuk biaya pembelian sparepart seperti seal atau karet penyekat, packing kertas, packing besi, tutup oli dan baut tap oli ini cukup lumayan murah mulai dari 15 ribu sampai 50 ribuan, namun biasa ada saja setiap pembongkaran mesin ada sparepart yang cukup mahal akibat usia masa pakai atau akibat dari oli rembes itu sendiri yang menyebabkan sparepart lainnya ikut rusak. Dan juga biaya bongkar pasang mesin biasanya cukup mahal tergantung tingkat kesulitannya dalam membongkar bagian mesin terluar sampai kedalam mesin, namun untuk harga jasa bongkar pasang mulai dari 25 ribu sampai 150 ribu bahkan bisa melebihi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi dan Tampilan Motor Honda PCX 2019

Spesifikasi Honda PCX  - Pada tampilan motor matic Honda kali ini memiliki desain cukup bagus. Honda PCX 150 ini di desain dengan tampilan bodi besar dan juga lebar yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi motor ini. Untuk daya tarik lain nya juga terdapat pada bagian lampu depan dan belakang yang di desain dengan bentuk melebar. Dipadukan dengan  DRL  ( Daytime  Running Light ) atau disebut juga dengan lampu siang hari, memiliki diameter yang cukup panjang dari bagian tengah reflektor sampai ke atas cover bodi depan. Dan pada nyala lampu depan motor Honda PCX 150 2019 sudah menggunakan teknologi LED ( Light Emitting Diode ) atau disebut yang juga dengan lampu hemat energi, yang menjadikan penerangan pada motor PCX jadi lebih hemat dan juga terang saat berkendara di malam hari. Pada bagian mesin, Honda PCX dibekali dengan kapasitas sebesar 150cc yang cukup tangguh untuk ukuran kelas pemula. Dan motor Honda PCX 150 juga sudah mengadopsi teknologi PGM-FI yang membuat mo

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Motor Habis Sebelah

Ban Motor Habis Sebelah - Ban merupakan sparepart yang cukup penting yang sering digunakan pada kendaraan beroda untuk menutupi bagian velg agar dapat berjalan dengan baik dan juga memberikan kestabilan pada kendaraan untuk mendapatkan akselerasi kecepatan yang baik. Pada sepeda motor sendiri banyak merek ban yang telah ditawarkan dengan berbagai varian dan juga ukuran yang yang bisa digunakan pada motor kesayangan masbre/mbabre, namun perlu di ingat dalam penggunaan pada ban motor juga perlu disesuaikan dengan kondisi jalan dan ukuran standar nya agar berkendara jadi lebih nyaman dan aman. Namun terkadang meskipun sudah memilih ban motor dengan kualitas terbaik masih ada beberapa kendala yang ditemukan pada motor kesayangan masbra/mbabre yang membuat kinerja ban jadi tidak maksimal. Salah satunya penyebabnya adalah ban motor habis sebelah yang sering terjadi pada kendaraan matic, bebek bahkan sport pun bisa terjadi kalau tidak memperhatikan sparepart rusak yang menjadi penyebabn