Langsung ke konten utama

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Motor Habis Sebelah

Ban Motor Habis Sebelah - Ban merupakan sparepart yang cukup penting yang sering digunakan pada kendaraan beroda untuk menutupi bagian velg agar dapat berjalan dengan baik dan juga memberikan kestabilan pada kendaraan untuk mendapatkan akselerasi kecepatan yang baik. Pada sepeda motor sendiri banyak merek ban yang telah ditawarkan dengan berbagai varian dan juga ukuran yang yang bisa digunakan pada motor kesayangan masbre/mbabre, namun perlu di ingat dalam penggunaan pada ban motor juga perlu disesuaikan dengan kondisi jalan dan ukuran standar nya agar berkendara jadi lebih nyaman dan aman.

Namun terkadang meskipun sudah memilih ban motor dengan kualitas terbaik masih ada beberapa kendala yang ditemukan pada motor kesayangan masbra/mbabre yang membuat kinerja ban jadi tidak maksimal. Salah satunya penyebabnya adalah ban motor habis sebelah yang sering terjadi pada kendaraan matic, bebek bahkan sport pun bisa terjadi kalau tidak memperhatikan sparepart rusak yang menjadi penyebabnya.

Pada kasus yang sering terjadi adalah ban depan, terdapat beberapa faktor yang membuat roda bagian depan ini selalu menjadi dampak yang sering terjadi bagi para rider yang mengendarai kuda besi nya. Banyak juga yang menghiraukan habisnya bagian ban yang hanya sebelah saja, dan beranggapan bahwa ban nya itu masih bagus karena baru dipakai beberapa bulan saja. Tapi akibat dari ban habis sebelah yang terus-terusan dipakai membuat laju sepeda motor jadi tidak enak dan dapat mengakibatkan kehilangan kontrol bagi sang rider sehingga menimbulkan kecelakaan yang cukup fatal.

Sebaiknya apabila ban depan motor masbre/mbabre sudah mengalami yang nama habis sebelah, alangkah baiknya segera untuk diganti dengan yang baru supaya berkendara jadi lebih aman dan juga nyaman. Tapi sebelum mengganti ban motor dengan yang baru, masbre/mbabre perlu memperhatikan penyebabnya kenapa bisa sampai habis sebelah.
DAFTAR ISI :

Penyebab Ban Habis Sebelah

Setiap ada masalah pasti ada solusi nya masbre/mbabre, tinggal kita bagaimana menyikapi nya. Untuk persoalan kali pada ban yang menjadi penunjang motor untuk bisa berjalan, tapi motor tidak akan berjalan dengan stabil jika terdapat kerusakan pada motor yang membuat ban motor kena imbas nya bisa habis hanya sebagian saja sedangkan pada bagian sisi lainnya masih terlihat tebal. Nah kira-kira apa yang menjadi penyebabnya, kita langsung simak saja dibawah sini masbre/mbabre:

Oli Shock Depan Dan Belakang

Pada penyebab ban habis sebelah yang pertama adalah terdapat kebocoran pada shock depan maupun belakang yang membuat tekanan terhadap ban menjadi tidak balance atau tidak seimbang, sehingga ban motor tidak menapak dengan sempurna. Dan salah satu penyebab lainnya pada shock depan yaitu terdapat perbedaan volume oli shock yang membuat shock depan jadi lebih tinggi sebelah antara bagian kanan atau kiri. Untuk cara mengatasi nya cukup mudah apabila ada kebocoran pada shock tinggal mengganti seal nya saja yang sudah rusak dengan yang baru, namun jika terdapat baret atau gores seperti pada bagian inner tube atau batang as shock yang membuat oli keluar dari celah goresan tersebut akibat kotoran yang menempel sebaiknya diganti dengan yang baru. Pada perbedaan volume oli, masbre/mbabre bisa mengganti oli shock dengan yang baru saja dan harganya pun cukup murah dengan harga kisaran 50 ribu keatas namun dengan catatan jika melakukan pergantian oli shock harus dengan takaran yang sama antara bagian kanan maupun kiri.

Kondisi Bearing Roda

Pada kasus kali ini terjadi pada bagian bearing roda rusak atau oblak yang membuat laju motor jadi tidak stabil, jika pada motor manual terdapat 2 bearing roda yang dipasang pada bagian tromol kanan dan kiri. Apabila terjadi kerusakan pada bearing roda kanan atau kiri, maka akibatnya membuat motor melaju dengan dengan stabil sehingga ban tidak menapak dengan sempurna. Dan untuk mengatasinya sendiri cukup mudah hanya tinggal mengganti bearing nya saja dengan yang baru, karena harganya pun cukup murah dan mudah didapatkan.

Velg Motor Speleng

Pada bagian velg motor juga cukup berpengaruh terhadap ban habis sebelah, pasalnya akibat velg terlalu sering menghantam lubang dengan cukup keras dapat menimbulkan velg motor jadi tidak stabil dan akibatnya membuat ban motor mengikuti alur velg yang sudah speleng apabila terus dibiarkan imbas nya nanti membuat ban jadi habis sebelah. Dan untuk mengatasinya hanya dengan menyetel ulang pada velg yang speleng namun jika kondisinya sudah parah alangkah baik diganti dengan yang baru atau dengan yang second tapi masih bisa digunakan atau dalam kondisi velg masih baik.

Ban Tidak Balance

Pada penyebab kali ini pada bagian roda belakang yang memiliki lengan ayun atau swing arm, pasalnya jika pemasang ban belakang tidak sesuai garis pada petunjuk membuat ban jadi miring sebelah yang menimbulkan rantai terlalu kencang atau kendor dan juga berakibat pada si ban motor sendiri yang menyebabkan ban habis sebelah. dan untuk cara mengatasi dengan menyetel ulang saat pemasangan ban belakang agar sesuai dengan garis petunjuk yang ada.

Gaya Berkendara

Pada kasus kali ini tak luput penyebab dari sang rider sendiri, gaya berkendara dengan posisi duduk sang rider atau boncenger yang terlalu ke pinggir yang membuat ban motor menapak dengan tidak sempurna akibat beban yang yang diterima terlalu berat pada bagian pinggir. cara mengatasi sangat mudah masbre/mbabre hanya dengan mengatur posisi duduk agar lebih lurus.

Bagian-Bagian Pada Ban

Bagian Tread

bagian ini merupakan bagian terluar dari ban atau bisa di sebut dengan telapak ban untuk melindungi bagian dalam dari benturan dan juga benda tajam. Bagian Tread ini memiliki banyak pola atau bisa disebut dengan Pattern, yang mana setiap pabrikan memiliki ciri khas pola masing-masing dalam memproduksi ban andalannya. Karena setiap pola dan bahan pembuatan ban memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Bagian Casing

Pada bagian ini merupakan lapisan benang dan pembentuk rangka ban yang dapat menampung udara yang didalamnya dengan tekanan tinggi agar dapat menyangga ban.

Bagian Breaker Dan Belt

Sama seperti Casing, bagian ini juga merupakan lapisan benang yang letaknya pada Tread dan Casing. Yang fungsinya untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing. Namun terdapat dua jenis lapisan berbeda pada bagian ini, pada jenis ban biasa terbuat dari tekstil sedangkan pada pada ban radial terbuat dari kawat.

Bagian Bead

Pada bagian ini terdapat bundelan kawat yang disatukan yang disatukan oleh karet keras yang fungsinya sama seperti angkur yang melekat pada velg.

Tips Merawat Ban

Sedikit tambahan dari ane untuk masbre/mbabre ban merupakan komponen yang cukup penting bagi motor, alangkah baik kita rawat supaya lebih awet dan juga memiliki umur yang panjang untuk si ban itu sendiri. Dan untuk tips merawat ban supaya awet kali cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang yang cukup banyak. berikut ini ulasan singkatnya masbre/mbabre :

Tekanan Angin

Selalu menjaga tekanan angin pada ban motor agar beban pada ban menjadi lebih ringan yang menjadikan ban jadi lebih awet. Dan untuk tekanan angin pada matic, bebek maupun sport itu berbeda-beda contoh nya pada motor matic kesayangan ane, yang saya ikuti sesuai dengan petunjuk yang ada di dashboard depan. pengisian angin dengan nitrogen cukup direkomendasikan karena membuat ban jadi ringan dan dapat meredam panas dari aspal.

Bersihkan Batu Krikil

Batu krikil juga berdampak buruk bagi ban motor, pasalnya jika tidak dibersihkan dapat merusak/merobek ban motor kesayangan masbre/mbabre. Sebaiknya rutin dilakukan pengecekan pembersihan pada ban setiap kali mencuci motor atau paling tidak seminggu sekali supaya ban jadi lebih awet.

Motor Jarang Dipakai

Apabila motor jarang dipakai alangkah baik gunakan standar dua agar ban tidak bersentuhan langsung dengan lantai dan tidak terkena beban yang berat, karena ban sendiri perlu istirahat dan juga suhu yang hangat.

Artikel Lain :

Penyebab Oli Motor Matic Bocor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Oli Motor Matic Bocor/Rembes dan Cepat Habis 2019

Penyebab Oli Motor Bocor/Rembes - Service sepeda motor wajib di lakukan secara berkala setiap 2 atau 3 bulan sekali agar mesin motor selalu prima di segala kondisi jalanan. Dalam merawat sepeda motor kesayangan pasti masbre/mbabre semua membawa kendaraan nya ke dealer langganan untuk dilakukan servis berkala, tapi jika bisa melakukan perawatan atau perbaikan secara sendiri kenapa tidak? mungkin dalam melakukan pergantian part motor membutuhkan waktu lama yang membuat masbre/mbabre jadi agak males untuk melakukannya sendiri dan tidak mau repot juga. Memang dalam hal bongkar pasang sparepart motor juga membutuhkan kesabaran dan juga ketelitian, agar terpasang dengan baik dan tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Sebagai sang empunya motor yang baik selalu merawat kendaraan kesayangannya supaya sehat selalu dan juga wajib mengenali ciri - ciri kerusakan pada kendaraan masbre/mbabre agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Contohnya pada artikel k

Spesifikasi dan Tampilan Motor Honda PCX 2019

Spesifikasi Honda PCX  - Pada tampilan motor matic Honda kali ini memiliki desain cukup bagus. Honda PCX 150 ini di desain dengan tampilan bodi besar dan juga lebar yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi motor ini. Untuk daya tarik lain nya juga terdapat pada bagian lampu depan dan belakang yang di desain dengan bentuk melebar. Dipadukan dengan  DRL  ( Daytime  Running Light ) atau disebut juga dengan lampu siang hari, memiliki diameter yang cukup panjang dari bagian tengah reflektor sampai ke atas cover bodi depan. Dan pada nyala lampu depan motor Honda PCX 150 2019 sudah menggunakan teknologi LED ( Light Emitting Diode ) atau disebut yang juga dengan lampu hemat energi, yang menjadikan penerangan pada motor PCX jadi lebih hemat dan juga terang saat berkendara di malam hari. Pada bagian mesin, Honda PCX dibekali dengan kapasitas sebesar 150cc yang cukup tangguh untuk ukuran kelas pemula. Dan motor Honda PCX 150 juga sudah mengadopsi teknologi PGM-FI yang membuat mo